Friday, May 2, 2008

KEMATIAN itu Paling Dekat dan Yang Paling Jauh MASA LALU

Kisah mudah-mudahan bisa memberi tambahan pemahaman dan wacana kita bersama amin..
Suatu hari, Imam al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam al-Ghazali bertanya tentang enam hal.

Pertama, Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?
Dengan saling bersahutan murid-muridnya menjawab ada yang menjawab orang tua, guru, teman, dan kerabatnya. Dan jawaban itu oleh Imam al-Ghazali semuanya dibenarkan. Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah Mati. Dan itu sesuai dengan janji Allah SWT (QS. Ali Imran 185); bahwa semua yang bernyawa itu pasti mati

Lanjut pada pertanyaan kedua. Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?
Jawaban murid bahwa matahari itu jauh, bulan, bintang, langit dan sebagainya semua jawaban itupun dibenarkan oleh Imam al-Ghazali; Tapi jawaban yang paling benar, menurut beliau yaitu MASA LALU
Karena masa lalu tidak akan kembali. walaupun kita memiliki kendaraan yang model apapun, Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

Dan untuk pertanyaan yang ketiga. Apa yang paling besar di dunia ini?
Murid-muridnya ada yang menjawab gunung, bumi, dan matahari. Semua jawaban itu benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah Nafsu (QS. Al- a'araf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

Pertanyaan keempat adalah, Apa yang paling berat di dunia ini?
Jawaban benar bahwa yang paling berat adalah memegang AMANAH
(QS. Al Ahzab 72). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi kalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan kecongkakak dan kesombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak bisa memegang amanahnya.

Pertanyaan yang kelima adalah, Apa yang paling ringan di dunia ini?
Menurut beliau yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan SHALAT. Gara-gara pekerjaan kita tinggalkan shalat, gara-gara meeting; karena asyik ngobrol; asyik nonton acara televisi kita juga tinggalkan shalat.

Lantas pertanyaan keenam adalah, Apakah yang paling tajam di dunia ini?.
Tentunya mereka menjawab dengan kompak, pedang, pisau; tombak; anak panah dan semua jawaban benar. tapi yang paling tajam adalah lidah MANUSIA muncul fitnah, gosip yang berimbas pada pertengkaran dan percekcokan serta perselisihan adalah karena omongan yang bersumber dari lidah manusia yang tidak bisa dipertanggungjawbkan.

Dari tulisan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk bisa menjadi manusia yang benar-benar bermanfaat selamat dari dunia dan akhirat maka minimal kita mampu menjaga 6 hal tersebut yaitu :
1. Selalu ingat akan Mati sehingga termotivasi untuk selalu berbuat baik
2. Mengingat Masa Lalu sebagai suatu pengalaman yang harus menjadi pertimbangan sehingga tidak akan terjadi kesalahan yang sama;
3. Bisa menjaga Nafsu, hingga kita tidak mengubar semua nafsu kita;
4. Bisa memegang amanah tidak mudah berbohong dan ingkar
5. Tidak pernah meninggalkan Sholat (ibadah)
6. Bisa menjaga lisan kita.

Nah.. akhirnya semoga kita tergolong orang-orang yang mampu menjaga enam hal tersebut Amin, smoga tulisan ini bermanfaat dan ada salah dalam tulisan mohon dimaafkan terima kasih...


source: Fathia

No comments: