Wednesday, January 16, 2008

Rangkuman acara tahun baru islam


Berikut ini rangkuman dari khutbah Imam mesjid Wageningen Hasan Salwa, siang tadi dalam rangka memeringati Tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1429 yg jatuh pada 10 Januari 2007. Saya tambahi sedikit tentang sabda Rasulullah saw. Khutbahnya diselingi dengan senandung bersama Tala'al badru alayna, yang sedikit banyak membawa para hadirin seperti dibentangkan lagi, pada suatu masa ketika kaum Anshar dan para sahabat pendahulu menyambut kedatangan Rasulullah saw dan Abu Bakar Ash-Shiddiq dengan penuh kegembiraan dan syukur.
Saya pribadi teringat pula pada suatu kejadian yang saya baca dari suatu surat kabar atau majalah yang lupa tarikhnya: kedatangan Sudomo -sebagai Pangkomkatib pada zaman Orde Baru- ke sebuah pesantren disambut dengan nasyid yang sama. Setidaknya saya tidak dapat menerima jalan pikiran Kyai pesantren tersebut yang memakai nasyid ini. Tetapi, semoga Sudomo menjadi khusnul khatimah karenanya.
Selain itu terlintas pula dalam benak pemaknaan hijrah tersebut, bahwa Islam yang kita anut dan yakini kebenarannya, pernah berjaya & 'implemented' pada suatu masa. Bukan hanya konsep 'romantisme' , atau 'utopia', seperti kata seorang teman yang terkagum2 dengan konsep2 pemikiran lainnya. Cuma jika hari ini _umat_ Islam ada di persimpangan jalan dan terpuruk, saya tidak tahu jawabannya. Hanya para pembaca yang tahu. Wallahu a'lam.

by
muchtermuch

No comments: